loading...

Daftar OS Mobile atau Sistem Operasi Mobile

Daftar OS Mobile atau Sistem Operasi Mobile

Teknologi - 02 Februari 2018

Bukan Cuma Android dan iOS, Ini OS Mobile yang Juga Beredar di Dunia
Sistem operasi mobile Android dan iOS saat ini memang sedang menjadi raja di pasarnya. Masing-masing mempunyai pangsa pasar 68,39%untuk Android dan 30,56% untuk iOS di penghujung tahun 2017 silam.
Tapi apakah kamu tahu, selain dua sistem operasi di atas, ada banyak daftar OS mobile lainnya yang sedang dan pernah beredar di pasaran. Apa saja sistem operasi itu?

Daftar OS Mobile atau Sistem Operasi Mobile

Kali ini JalanTikus akan membagikan beberapa daftar sistem operasi mobile yang pernah ataupun sedang beredar di pasaran. Langsung disimak aja ya guys!

1. Tizen

daftar-os-mobile
Tizen merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Samsung dengan maksud menggantikan Android suatu saat nanti. Sistem operasi ini sendiri sudah didukung dengan aplikasi-aplikasi populer, seperti BBM, Line, WhatsApp, dan Instagram.
Selain smartphone, sistem operasi Tizen juga digunakan untuk beberapa perangkat teknologi Samsung, seperti smartwatch dan smart TV. Maka dari itu, masa depan dari sistem operasi ini bisa dibilang cukup menjanjikan.

2. Maemo

daftar-os-mobile-1
Di tengah keterpurukannya, Nokia juga sempat membuat sistem operasi mobilenya sendiri bernama Maemo yang diluncurkan pada tahun 2005. Sistem operasi ini sendiri dibentuk oleh para pengembang dan komunitas Maemo dengan dasar yang sama dengan Android, yaitu Linux.
Jika dilihat secara kasat mata, banyak kemiripan pada tampilan Maemo dengan Android. Sampai sekarang, sistem operasi milik Nokia ini sudah masuk versi ke-5 yang dirilis pada tahun 2010 yang lalu.

3. Windows Phone

daftar-os-mobile-2
Sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk perangkat mobile ini sebenarnya adalah pengganti platform Windows Mobile. Tidak seperti pendahulunya, Windows Phone lebih ditujukan pada pasar semua kalangan dari pada pasar bisnis.
Walaupun kalah dari Android dan iOS, banyak yang mengakui jika interface Windows Phone yang bernama Modern Style UI paling keren di antara sistem operasi yang lain.

4. Symbian

daftar-os-mobile-3
Symbian merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang akhirnya dibeli oleh Nokia. Sistem operasi ini juga pernah berjaya ketika featured phone milik Nokia masih perkasa di zamannya.
Sistem operasi Symbian yang terakhir bernama Symbian Belle sebelum akhirnya Nokia dibeli Microsoft dan jajaran smartphone Nokia digantikan dengan sistem operasi Windows Phone. Setelah lepas dari kekangan Microsoft, Nokia kembali lagi ke pasar smartphone dengan menggunakan sistem operasi Android.

5. BlackBerry OS

daftar-os-mobile-4
Kamu pasti tau dengan produk BlackBerry yang sempat populer banget beberapa tahun belakangan ini. Sayangnya, kesuksesan ini nggak berlansung lama ketika nama Android dan iOS mulai naik daun.
Yang membuat orang-orang tertarik akan sistem operasi besutan Research in Motion ini adalah aplikasi messenger eksklusif bernama BBM (BlackBerry Messenger). Tapi pada akhirnya aplikasi messenger ini dilepas ke sistem operasi populer, Android dan iOS
No.Sistem OperasiPengembang
6.Firefox OSMozilla Firefox
7.Palm OS/Garnet OSAccess Co.
8.WebOSHP
9.Ubuntu MobileCanonical Ltd.
10.MeeGoThe Linux Foundation
11.BB10RIM
12.GridOSFusion Garage
13.QNXRIM
14.SHRKomunitas
15.BadaSamsung Electronics
16.LinuxOpen Source
17.BREWQualcomm
18.BrewMPQualcomm
19.LiMo 4LiMo Foundation
20.Danger OSDanger, Inc.
21.NucleusMentor Graphics
Itulah beberapa daftar OS mobile atau sistem operasi mobile yang sedang ataupun pernah beredar di dunia. Sistem operasi mobile mana aja nih yang pernah kamu gunakan? Dan menurut kamu sistem operasi mobile mana yang paling baik sejauh ini? Tulis di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar