loading...

Apakah iOS Lebih Baik dari Android? Ini 7 Faktanya

Apakah iOS Lebih Baik dari Android? Ini 7 Faktanya

Teknologi - 02 Februari 2018
Apakah iOS Lebih Baik dari Android? Ini 7 Faktanya

Pasar smartphone saat ini memang didominasi oleh perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android. Keduanya memang sudah menjadi rival sejak beberapa tahun belakangan karena mempunyai banyak kelebihan dibanding OS mobile lainnya.
Namun, siapakah juara dari persaingan dua sistem operasi mobile teratas di pasar ini? Kali ini JalanTikus akan membagikan fakta kenapa 

Fakta Android Lebih Baik dari iOS

1. Android Lebih Banyak Aplikasi

Di tahun 2017 yang lalu, statistik menunjukkan pada bulan Januari 2017 Android mempunyai aplikasi sebanyak 2,5 juta, sedangkan Apple hanya berkisar 2,2 juta. Pastinya, dengan jumlah yang lebih banyak, ragam aplikasi yang tersedia pun lebih kaya di Play Store.
android-lebih-baik-dari-ios
Selain mempunyai aplikasi yang lebih banyak, jumlah aplikasi yang ditawarkan secara cuma-cuma juga banya. Dari total 2,5 juta aplikasi yang tersedia di Play Store, 2,3 juta diantaranya tersedia secara gratis.

2. Lebih Mudah Disesuaikan

Karena Android merupakan OS open source, maka sistem operasi ini bisa dengan mudah dikembangkan. Seperti misalnya custom ROM dimana kamu bisa mengubah tampilan dan menambahkan fitur. Ada juga istilah Root dimana kamu dapat mengkostumisasi smartphone Android kamu dengan bebas.
android-lebih-baik-dari-ios-1
Selain itu, kamu juga dapat mengatur interface smartphone Android kamu dengan leluasa dengan menambahkan widget atau menginstal UI yang tersedia di Play Store. Ini berbeda dari iOS yang terkesan monoton dan tidak bisa dikostumisasi.

3. Terintegrasi dengan Google

Karena Android adalah produk dari Google, maka dari itu semua kebutuhan yang ada di smartphone Android akan terintegrasi dengan layanan Google.
android-lebih-baik-dari-ios-2
Layanan seperti Google Maps untuk masalah perpetaan, Gmail untuk email, Google Drive sebagai layanan cloud, dan masih banyak lagi akan otomatis terpasang di smartphone-mu. Berbeda dengan iOS dimana mereka membutuhkan layanan pihak ketiga untuk memenuhinya.

4. Mempunyai Cloud dengan Kapasitas Jauh Lebih Besar

android-lebih-baik-dari-ios-3
Ketika Apple hanya menawarkan 5GB untuk layanan iCloud gratisnya, Google menarkan 3 kali lipatnya, yaitu sebesar 15GB secara gratis. Pastinya, dengna kapasitas sebesar itu, kamu dapat menyimpan banyak file secara cuma-cuma berbasis cloud alias secara online.

5. Tidak Perlu Menggunakan iTunes

iTunes adalah sebuah keberhasilan dan kegagalan bagi Apple. Selain sebagai toko serba ada dimana iTunes menjual berbagai konten, pemutar multimedia, backup perangkat iOS, iTunes juga menjadi penghubung dan manajemen perangkat iOS.
android-lebih-baik-dari-ios-4
Namun, itulah permasalahan dari perangkat iOS dimana kamu harus melalui iTunes untuk mentrasfer file dari perangkat iOS ke PC. Berbeda dengan Android yang tinggal colok lewat USB dan semunya bisa kamu copy.

6. Digunakan Hampir Seluruh Produsen Smartphone di Dunia

Hampir seluruh produsen smartphone di dunia sekarang ini menggunakan sistem operasi Android. Bahkan, statistik menunjukkan di tahun 2016 ada lebih dari 24.000 perangkat dari 1.300 merk smartphone yang berbasis Android.
android-lebih-baik-dari-ios-5
Dengan banyaknya pilihan tersebut, kamu bisa memilih smartphone mana yang kamu butuhkan. Bagusnya lagi, akan ada banyak varian smartphone berbasis sistem operasi Android dari harga yang murah sampai harga yang mahal sekalipun.
Berbeda dengan iPhone, setiap tahunnya Apple selalu merilis iPhone terbarunya dengan sistem operasi iOS. Namun, setiap Apple merilis iPhone terbarunya, harganya selalu membuat kantong kamu meringis.

7. Lebih Kaya Fitur

Sadar atau tidak beberapa tahun kebelakang Android menjadi pelopor sebuah fitur baru di smartphone. Lalu butuh beberapa tahun sampai akhirnya Apple menerapkannya di iPhone.
android-lebih-baik-dari-ios-6
Maka dari itu, jika kamu mencari smartphone dengan fitur-fitur terbaru, kamu harusnya menjatuhkan pilihan ke smartphone dengan sistem operasi Android.

Akhir Kata

Nah, itulah 7 fakta yang menunjukkan jika Android lebih baik dari iOS. Yaaa, memang sih keduanya memang tidaklah sempurna dan ada kekurangan juga kelebihan. Tapi, apakah menurut kamu iOS lebih baik dari Android? Tulis di kolom komntar ya guys!

Tidak ada komentar