loading...

Inilah 4 Posisi Fingerprint pada Smartphone Masa Kini, Manakah yang Terbaik?

Inilah 4 Posisi Fingerprint pada Smartphone Masa Kini, Manakah yang Terbaik?

Teknologi - 02 Februari 2018
One Plus 5T Fingerprint
Fingerprint alias pemindai sidik jari merupakan salah satu sensor biometrik pada smartphone yang sudah lazim kamu temui saat ini. Bahkan fitur keamanan ini seakan sudah menjadi fitur wajib kebanyakan smartphone loh.
Bukan hanya di bagian depan atau belakang smartphone saja, ada beberapa smartphone yang meletakkan sensor ini di posisi yang antimainstream. Mau tahu? Berikut Jaka ulas 4 posisi fingerprint pada smartphone masa kini, mana yang terbaik?

Inilah 4 Posisi Fingerprint pada Smartphone Masa Kini

Mengawali tahun 2018, banyak inovasi yang terjadi pada sensor biometrik yang satu ini. Bukan hanya diletakkan di depan atau belakang, malah ada yang berada di samping atau di bawah layar smartphone. Kira-kira apa kelebihan dan kekurangannya?

1. Posisi Fingerprint Smartphone di Depan

Touch ID iPhone
Fingerprint smartphone yang diletakkan di depan pasti sudah identik dengan beberapa jajaran smartphone Apple. Teknologi bernama Touch ID ini dibenamkan pada beberapa seri iPhone, seperti seri iPhone 5S hingga yang terbaru seri iPhone 8.
Bukan hanya Apple, beberapa brand smartphone lain juga menempatkan posisi fingerprint di depan, bahkan untuk smartphone seri flagship seperti Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy Note Fan Edition, HTC U11, Huawei Mate 10, Nokia 8 atau OnePlus 5.
Keunggulan posisi fingerprint smartphone di depan adalah akses yang sangat mudah, terutama saat smartphone diletakkan pada permukaan datar seperti di atas meja. Jadi, nggak perlu repotmengangkat smartphone saat perlu membuka kuncinya.

2. Posisi Fingeprint Smartphone di Belakang

Umumnya smartphone, terutama kelas mid-end hingga entry-level meletakkan fingerprint pada bagian belakang smartphone. Tentu hal ini memiliki keunggulan saat kamu mengakses dari dalam saku atau dompet kamu.
One Plus 5T Fingerprint
Posisinya yang mudah terjangkau oleh jari telunjuk, membuatnya nyaman digunakan. Sebut saja beberapa seri smartphone seperti Samsung Galaxy S8, OnePlus 5T, LG G6, LG V30, Asus Zenfone Max Plus, dan masih banyak lagi menggunakan fingerprint pada posisi ini.
Bukan tanpa sebab, beberapa smartphone yang disebutkan di atas juga mengusung layar fullscreen dengan rasio 18:9. Dengan layar yang hampir memenuhi bagian depan, maka mau tidak mau posisi fingerprint dipindahkan ke bagian belakang.

3. Posisi Fingerprint Smartphone di Samping

Meizu M6s
Posisi fingerprint smartphone yang diletakkan di samping mungkin akan terdengar asing bagi kamu. Padahal beberapa brand smartphone sudah menggunakannya, seperti Sony di jajaran seri Xperia miliknya.
Paling baru kamu bisa menemukannya pada Razer Phone, smartphone Android gaming terbaikyang meletakkan di samping berbarengan dengan tombol power. Hal yang sama pun diterapkan pada Meizu M6s yang dirilis Januari 2018 ini.
daftar-os-mobile-6
Daftar Sistem Operasi Mobile
Sistem operasi mobile Android dan iOS 
Baca

4. Posisi Fingerprint Smartphone di Bawah Layar

posisi-fingerprint-smartphone-terbaik-1
Jika ketiga posisi di atas masih tergolong mainstream, ada lagi posisi fingerprint smartphone di bawah layar yang bakal bikin kamu tercengang. Pada ajang Consumer Electronics Show 2018, Vivo bekerja sama dengan Synaptics berhasil mewujudkannya.
Smartphone Android yang bakal dirilis dengan seri Vivo X20 ini menggunakan teknologi In-Display Fingerprint yang memungkinkan penggunaan pemindai sidik jari pada layar. Hal ini pun berkat dukungan penggunaan layar Super AMOLED pada smartphone ini loh. Wah, dengan inovasi yang canggih ini kira-kira bakal jadi tren di tahun 2018 nggak ya?
android-lebih-baik-dari-ios-7
Apakah iOS lebih baik dari Android
Pasar smartphone saat ini memang didominasi oleh perangkat dengan sistem operasi iOS dan Android!
Baca

5. Manakah Posisi Fingerprint Smartphone Terbaik?

Banyak kalangan beranggapan peletakkan fingerprint pada posisi depan berbarengan dengan tombol home menjadi yang terbaik. Memang, kemudahan akses menjadi tolak ukur dalam menentukan manakah posisi terbaik kan?
Namun, kalau menurut Jaka, di mana saja letak fingerprint pastinya disesuaikan dengan spesifikasi smartphone dan kebutuhannya. Gimana menurutmu, guys? Yuk share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah.

Tidak ada komentar