loading...

Bahaya! Ternyata Google Memata-matai Lokasimu Lewat Android

Bahaya! Ternyata Google Memata-matai Lokasimu Lewat Android

News - 05 Februari 2018

Hasil gambar untuk gambar mematai
Ketika mendownload sebuah aplikasi di HP Android, pasti kamu pernah dimintai akses oleh aplikasi tersebut. Akses tersebut diminta untuk menunjang kinerja suatu aplikasi juga.
Walaupun dapat menunjang kinerja aplikasi yang meminta akses, namun ada juga orang yang tidak bertanggung jawab meminta akses untuk hal-hal yang berbahaya bagi pengguna HP lho. Mau tau apa saja bahayanya?Ketika mendownload sebuah aplikasi di HP Android, pasti kamu pernah dimintai akses oleh aplikasi tersebut. Akses tersebut diminta untuk menunjang kinerja suatu aplikasi juga.
Walaupun dapat menunjang kinerja aplikasi yang meminta akses, namun ada juga orang yang tidak bertanggung jawab meminta akses untuk hal-hal yang berbahaya bagi pengguna HP lho. Mau tau apa saja bahayanya?

Google Memata-mataimu Lewat Android

Bukan hanya lokasi, tapi ada berbagai macam akses yang diminta oleh sebuah aplikasi, seperti SMS, galeri, dan lainnya. Ternyata ada bahaya di balik itu semua lho! Apa aja bahayanya? Langsung disimak aja ya.

1. Melacak lokasi berdasarkan jaringan dan GPS

bahaya-akses-aplikasi-android
Kegunaan: Akses ini membiarkan sebuah HP untuk memberikan lokasinya berdasarkan jaringan yang digunakan, seperti jaringan seluler ataupun jaringan Wi-Fi. Selain itu, ada juga yang meminta akses dengan Global Positioning System (GPS).

2. Melihat Informasi Jaringan dan Wi-Fi

bahaya-akses-aplikasi-android 1
Kegunaan: Akses ini dapat membiarkan aplikasi untuk mengecek jaringan seluler dan juga Wi-Fi. Biasanya aplikasi meminta akses ini untuk mendowloadn update atau terhubung ke sebuah server ataupun situs.
Bahaya: Aplikasi yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan akses ini untuk menemukan celah jaringan si pengguna. Jadi mereka dapat melakukan kegiatan tanpa pengguna ketahui, seperti mendownload malware sampai mengirim SMS. Aplikasi tersebut juga dapat melihat password Wi-Fi kamu lho!

3. Menghubungkan dengan aplikasi lain

bahaya-akses-aplikasi-android-2
Kegunaan: Aplikasi yang mendapat akses untuk terhubung dengan aplikasi lain dapat mengidentifikasi kegiatan pengguna di pada smartphone.
Bahaya: Penjahat cyber menggunakan ini untuk mencuri informasi dari aplikasi lain yang sedang berjalan. Mereka juga dapat mengecek dan bahkan membunuh aplikasi keamanan.

4. Akses Internet secara penuh

bahaya-akses-aplikasi-android-3
Kegunaan: Ini akan membiarkan aplikasi untuk mendapatkan koneksi internet secara penuh.
Bahaya: Penjahat cyber dapat dengan mudah me-remote smartphone kamu dari jarak jauh lewat aplikasinya. Mereka juga dapat dengan mudah untuk mendownload update dan tambahan malware secara diam-diam.5. Membaca keadaan dan identitas smartphone
bahaya-akses-aplikasi-android-4
5. Kegunaan: Aplikasi yang mendapatkan akses ini akan dapat mengetahui ketika kamu sedang menelepon atau sedang terhubung ke internet. Akses ini juga dapat memberika mereka informasi dari nomor HP kamu, nomer IMEI, dan identitas lainnya di HP kamu.
Bahaya: Lewat akses ini, aplikasi berbahaya dapat mencuri informasi berharga dari HP kamu, mulai dari nomor IMEI, sampai password dari akun-akun yang terhubung di HP kamu.

6. Mengakses SD Card HP

bahaya-akses-aplikasi-android-5
Kegunaan: Akses untuk dapat membaca SD Card dapat membiarkan sebuah aplikasi untuk 'membaca' ataupun 'menulis' di SD card.
Bahaya: Biasanya, penjahat cyber menggunakan ini untuk mengakses SD card dan mengambil data-datanya secara diam-diam. Bukan hanya itu, aplikasi itu juga dapat menghapus foto ataupun data yang ada di SD card.

7. Mengirim dan menerima SMS

bahaya-akses-aplikasi-android-6
Kegunaan: Akses ini dapat membiarkan aplikasi untuk terhubung dengan aplikasi SMS, seperti menerima SMS dan mengirim SMS.
Bahaya: Sebenarnya ini bisa dibilang kecerobohan pengguna juga, karena setiap aplikasi yang mengirim SMS akan memotong pulsamu. Tapi kebanyakan pengguna malah tidak mengetahuinya.

Akhir Kata


Nah, itulah beberapa bahaya dari aplikasi yang meminta akses ke smartphone kamu. Maka dari itu, selalu instal aplikasi yang tidak mencurigakan dan baca dahulu review pengguna sebelumnya. Lalu, jangan pernah memberikan akses yang tidak ada hubungannya ke aplikasi, misalnya aplikasi foto meminta akses ke SMS.

Tidak ada komentar