loading...

3 Cara Ampuh Lindungi USB dari Bahaya Hacking

3 Cara Ampuh Lindungi USB dari Bahaya Hacking

Tutorial - 02 Februari 2018

Hasil gambar untuk hack
Sebuah perangkat USB atau yang juga sering disebut flashdiskbiasanya kita gunakan untuk menyimpan atau memindahkan file berukuran tidak terlalu besar. Namun untuk beberapa USB berkapasitas besar, tentunya tak masalah digunakan untuk menyimpan file dengan ukuran besar pula.
Selain virus, salah satu hal yang jadi ancaman untuk USB atau perangkat penyimpanan lainnya tentu adalah pembajakan alias hacking. Ketika perangkat tersebut dibajak, file dan data penting yang tak jarang bersifat pribadi bisa saja disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab.
Tentunya kamu tak ingin hal itu terjadi pada data dan file penting yang ada di USB atau flashdisk kamu, bukan? Untuk itu, kali ini Jaka akan kasih kamu tips mengenai cara lindungi USB dari bahaya hacking.

3 Cara Ampuh Lindungi USB dari Bahaya Hacking

cara-lindungi-usb-dari-hacking
Ada tiga metode yang bisa kamu gunakan untuk melindungi USB dari risiko terkena hack. Berikut Jaka coba ulas ketiga metodenya dan kamu bebas memilih mana yang menurut kamu paling mudah atau aman untuk kamu gunakan.

1. Aktifkan BitLocker

  • Masukkan perangkat USB atau flashdisk kamu ke komputer. Lalu klik kanan di bagian perangkat tersebut. Maka akan muncul opsi seperti gambar di bawah. Pilih opsi "Turn on BitLocker".
cara-lindungi-usb-dari-hacking-1-1
  • Lanjutkan dengan memilih opsi "Use a password to unlock the drive". Lalu masukkan password yang kamu inginkan sebanyak dua kali.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-1-2
  • Untuk jaga-jaga jika kamu lupa password, maka kamu sebaiknya memilih dua opsi yang tersedia di bawah. Keduanya punya fungsi untuk recovery file yang ada di USB kamu jika suatu saat kamu lupa password yang digunakan.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-1-3

2. Gunakan Wondershare

  • Untuk menggunakan metode ini, kamu perlu men-download terlebih dulu Wondershare.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-2-1
  • Buka software yang sudah kamu download, lalu masukkan perangkat USB. Lanjutkan dengan memilih perangkat untuk dimasukkan dalam program dan diamankan. Klik "Install" setelah proses pengamanan komplit.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-2-2
  • Lanjutkan dengan memasukkan username dan password sesuai dengan keinginan kamu.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-2-3

3. Gunakan DiskCrytor

  • Untuk menggunakan metode ini, kamu perlu men-download DiskCrytor terlebih dulu. Setelahnya, buka software tersebut dan masukkan perangkat USB ke komputer. Klik "Encrypt" untuk memulai pengamanan pada USB.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-3-1
  • Lanjutkan dengan klik "Next".
cara-lindungi-usb-dari-hacking-3-2
  • Kemudian, masukkan password yang kamu ingin gunakan untuk melindungi USB kamu. Usahakan password yang sulit ditebak agar benar-benar aman. Isi password sebanyak dua kali.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-3-3
  • Terakhir, klik opsi "Mount". USB kamu telah resmi diamankan menggunakan password yang tadi kamu masukkan.
cara-lindungi-usb-dari-hacking-3-4

Akhir Kata

Itulah tiga cara dan metode ampuh untuk lindungi USB dari bahaya hacking. Dengan begitu, kamu gak perlu lagi takut atau khawatir data penting yang bersifat pribadi milikmu dibajak dan diketahui orang lain yang tak bertanggung jawab. Perangkat USB atau flashdisk kamu dijamin aman. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar