loading...

Kebangetan Kalau Pengguna Whatsapp Tidak Tahu 6 Fakta Ini!

Kebangetan Kalau Pengguna Whatsapp Tidak Tahu 6 Fakta Ini!


Whatsapp merupakan salah satu aplikasi instant messaging yang sudah sangat populer. Aplikasi ini pertama diluncurkan pada tahun 2009. Kala itu baru pengguna iPhone atau iOS yang bisa menikmati layanan Whatsapp. Sedangkan kini Whatsapp sudah bisa diakses melalui android, iOS, MacOS, maupun Windows.
Kamu juga pasti punya aplikasi ini kan di smartphone kamu. Sebagai pengguna Whatsapp tahukah kamu fakta-fakta di balik aplikasi 1 milyar orang ini? Berikut 6 fakta unik dari Whatsapp.

1. Didirikan Mantan Karyawan Yahoo dan Tim Kecil

fakta-unik-aplikasi-whatsapp-1
Fakta Whatsapp pertama adalah aplikasi ini didirikan pada tahun 2009 oleh 2 mantan karyawan Yahoo yaitu Jan Koum dan Brian Acton. Bersama 5 orang lainnya, tim kecil ini mengembangkan aplikasi chat yang awalnya dibuat untuk platform iOS dan Blackberry. Asal mula nama Whatsapp sendiri dicetuskan oleh Jan Koum karena pengucapannya yang terdengar mirip dengan kata "Whats Up".

2. Biaya Marketing Nol Rupiah

fakta-unik-aplikasi-whatsapp-2
Sumber foto: Shutterstock
Fakta aplikasi Whatsapp kedua adalah dari awal pendiriannya, Whatsapp sama sekali tidak mengeluarkan uang untuk dana marketing mereka. Tim Whatsapp fokus untuk mengembangkan aplikasi chatting yang murni agar pengalaman pengguna berkirim pesan tetap nyaman. Jan Koum sendiri menempelkan sebuah note dari Brian di meja kerjanya yang berisi pesan "No Ads! No Games! No Gimmick!".

3. Pernah Ditolak Facebook & Twitter

fakta-unik-aplikasi-whatsapp-3
Sumber foto: Shutterstock
Setelah mengundurkan diri dari Yahoo, Jan Koum dan Brian sempat melamar ke 2 perusahaan teknologi lain yaitu Facebook dan Twitter. Akan tetapi semua lamarannya ditolak begitu saja. Wah, setelah ditolak kini aplikasi ini justru dibeli Facebook. Sekarang mereka menyesal tidak ya setelah dulu menolak mereka?

4. Dibeli Facebook di Hari Valentine

fakta-unik-aplikasi-whatsapp-4
Sumber foto: Shutterstock
Fakta Whatsapp ke empat yaitu dulu Whatsapp pernah ditawar oleh Google seharga 10 milyar dollar Amerika. Akan tetapi tawaran itu ditolak pihak Whatsapp. Tawaran kembali datang dari perusahaan lain yaitu Facebook. Mereka menawar Whatsapp dengan harga 19 milyar dollar. Tawaran ini diterima dan diresmikan pada hari Valentine atau 14 Februari 2014.

5. Aplikasi Paling Banyak Diblokir

fakta-unik-aplikasi-whatsapp-5
Sumber foto: Shutterstock
Sebuah lembaga survei internasional bernama Freedom House pernah membuat survei mengenai beberapa aplikasi populer termasuk Whatsapp. Hasilnya ternyata Whatsapp menjadi aplikasi yang paling banyak diblokir di beberapa negara di dunia. Total Whatsapp pernah dblokir oleh 12 negara di antaranya Brasil, Tiongkok, Bangladesh, Iran, Arab Saudi, Turki, Pakistan, Vietnam, dan lain-lain.

6. Fitur Tulisan Unik Hanya Ada di Whatsapp

fakta-unik-aplikasi-whatsapp-6
Whatsapp memiliki fitur chat yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain. Fitur itu adalah fitur membuat tulisan unik dengan format bolditalic, dan juga strikethrough. Sudah tahu belum bagaimana cara menggunakannya

Tidak ada komentar